mengajarmerdeka.id – Sejarah tidak hanya mengisahkan masa lalu, tetapi juga membentuk cara berpikir generasi masa kini. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, pembelajaran sejarah bukan sekadar menghafal tanggal dan peristiwa, melainkan memahami sebab-akibat, konteks sosial, serta nilai kemanusiaan di baliknya.
Kurikulum Merdeka menghadirkan paradigma baru dalam pembelajaran sejarah, di mana siswa tidak lagi menjadi penerima informasi pasif, tetapi peneliti muda yang aktif mencari makna.
Konsep Deep Learning dalam pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA/MA hadir untuk memperdalam pemahaman siswa melalui analisis kritis dan refleksi mendalam terhadap peristiwa sejarah.
Dengan menggabungkan teknologi, data ilmiah, dan pembelajaran kontekstual, perangkat ajar Deep Learning menjadi alat strategis untuk menciptakan pembelajaran sejarah yang relevan, inspiratif, dan bermakna.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Perangkat ajar Deep Learning Sejarah untuk Kelas 11 SMA/MA Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 11 SMA/MA
Perangkat ajar Deep Learning Sejarah merupakan rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip kecerdasan buatan (AI Thinking) dan pembelajaran mendalam (deep learning pedagogy).
Tujuannya adalah menciptakan proses belajar yang memfokuskan pada pemahaman konseptual, hubungan antar peristiwa, dan kemampuan berpikir reflektif siswa.
Perangkat ini bukan hanya dokumen administratif, tetapi panduan sistematis bagi guru untuk mengelola kegiatan belajar yang menumbuhkan kemampuan analitis dan kesadaran historis. Di dalamnya mencakup modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), lembar kerja peserta didik (LKPD), media interaktif, hingga asesmen formatif dan sumatif.
Deep Learning di sini tidak sekadar merujuk pada kecerdasan buatan, melainkan juga pada deep cognitive process proses berpikir mendalam yang melibatkan penalaran historis, empati sosial, dan kemampuan mengaitkan masa lalu dengan tantangan masa kini.
Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar Sejarah dikembangkan secara fleksibel berdasarkan capaian pembelajaran (CP) dan profil pelajar Pancasila. Berikut struktur utama perangkat ajar Deep Learning Sejarah:
Deep Learning menekankan pemahaman bermakna dan keterhubungan antar konsep. Dalam pembelajaran sejarah, terdapat beberapa prinsip utama yang diterapkan:
Untuk memahami penerapan Deep Learning dalam Sejarah Kelas 11, berikut contoh rancangan pembelajaran kontekstual:
Pendekatan ini menumbuhkan rasa ingin tahu, empati sejarah, serta kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif kompetensi utama abad ke-21.
Perangkat ajar Deep Learning Sejarah sangat erat kaitannya dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Melalui pembelajaran sejarah, siswa mengembangkan:
Sejumlah penelitian menunjukkan efektivitas pendekatan pembelajaran mendalam dalam meningkatkan kualitas belajar.
Menurut Journal of Educational Research (2023), penerapan model Deep Learning-Based History Education mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa hingga 41% dibandingkan metode konvensional.
Sementara studi UNESCO (2024) mencatat bahwa penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran sejarah dapat mempercepat pemahaman konseptual dan meningkatkan keterlibatan siswa sebesar 32%.
Data ini memperkuat bahwa integrasi Deep Learning dengan teknologi memberikan hasil signifikan terhadap kualitas pendidikan humaniora, termasuk Sejarah.
Meskipun konsep Deep Learning memiliki potensi besar, penerapannya memerlukan kesiapan guru dan dukungan infrastruktur. Tantangan utama meliputi:
Strategi Solusi:
Dengan dukungan komunitas guru dan sistem pembelajaran berbasis teknologi, tantangan tersebut dapat diatasi untuk menciptakan pembelajaran sejarah yang inspiratif dan berkelanjutan.
Perangkat Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 11 SMA/MA Kurikulum Merdeka merupakan inovasi penting dalam mewujudkan pembelajaran yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan kesadaran sejarah siswa.
Dengan memanfaatkan pendekatan deep learning dan integrasi teknologi, siswa tidak sekadar belajar tentang masa lalu, tetapi memahami makna dan relevansinya bagi masa depan.
Pendidikan sejarah yang berkualitas tinggi adalah pendidikan yang membuat siswa berpikir, berempati, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan universal. Melalui perangkat ajar ini, guru dapat menghidupkan kembali sejarah sebagai cermin identitas bangsa dan inspirasi kemajuan peradaban.
Situs pendidikan seperti mengajarmerdeka.id berperan penting dalam mendukung transformasi ini, menyediakan sumber belajar, referensi perangkat ajar, serta ruang kolaborasi bagi para pendidik untuk terus berinovasi demi terciptanya pembelajaran sejarah yang bermakna dan berorientasi pada masa depan.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com