
mengajarmerdeka.id – Seni teater sejak lama dikenal sebagai media ekspresi yang mampu mengembangkan imajinasi, empati, serta rasa percaya diri anak.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pembelajaran seni teater kelas 3 SD/MI tidak lagi sekadar menghafal naskah atau memainkan peran sederhana.
Dengan pendekatan deep learning, guru diarahkan untuk membimbing siswa agar memahami makna, nilai, serta keterampilan kolaboratif yang ada di balik sebuah pertunjukan.
Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang modul ajar deep learning seni teater untuk kelas 3 SD/MI, termasuk tujuan, strategi pembelajaran, integrasi dengan Profil Pelajar Pancasila, serta manfaat ilmiah dalam perkembangan kognitif dan sosial anak.
Modul ajar adalah perangkat pembelajaran yang memandu guru dalam menyampaikan materi secara terstruktur. Deep learning dalam pendidikan tidak hanya berarti penggunaan teknologi, melainkan pendekatan pembelajaran mendalam yang menekankan pada:
Dalam seni teater, deep learning membuat siswa tidak hanya berakting, tetapi juga memahami nilai budaya, moral, serta pesan sosial yang ada dalam sebuah lakon.
Pembelajaran seni teater di kelas 3 SD/MI memiliki beberapa tujuan utama:
Dalam Kurikulum Merdeka, modul ajar untuk kelas 3 SD/MI biasanya mencakup:
Peserta didik mampu mengidentifikasi, memerankan, dan mengevaluasi sebuah cerita teater sederhana dengan memperhatikan aspek ekspresi, suara, gerakan, serta kerja sama.
Bayangkan sebuah kelas 3 di sebuah SD di pedesaan. Anak-anak duduk melingkar, dan guru mulai membacakan cerita rakyat lokal, misalnya legenda Timun Mas.
Dari cerita ini, guru mengajak siswa membagi peran: siapa Timun Mas, siapa Buto Ijo, siapa tokoh pendukung lainnya.
Awalnya, beberapa siswa malu-malu. Namun setelah berlatih, mereka mulai berani mengekspresikan suara keras saat berperan sebagai Buto Ijo, atau melompat riang saat menjadi Timun Mas.
Dari sinilah terlihat bagaimana seni teater bukan hanya hiburan, tetapi juga latihan keberanian, komunikasi, dan kerja sama.
Seni teater sebagai bagian dari pembelajaran deep learning sangat sejalan dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila:
Penelitian psikologi pendidikan menunjukkan bahwa keterlibatan anak dalam seni teater dapat meningkatkan:
Menurut studi dari American Alliance for Theatre & Education, siswa yang rutin mengikuti kegiatan teater memiliki prestasi akademik lebih baik karena kemampuan berpikir kritis dan problem solving mereka terasah.
Agar modul ajar lebih aplikatif, berikut contoh penerapan pembelajaran seni teater di kelas 3:
Guru dapat menerapkan strategi berikut:
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Modul ajar Deep Learning Seni Teater untuk Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
SEMESTER 1
SEMESTER 2
Apa manfaat seni teater untuk anak SD?
Seni teater melatih keberanian, kreativitas, empati, serta kerja sama dalam kelompok.
Apakah deep learning berarti menggunakan teknologi AI?
Dalam konteks pendidikan, deep learning berarti pembelajaran mendalam yang menekankan pada pemahaman, refleksi, dan koneksi antar ilmu, bukan sekadar teknologi.
Bagaimana cara guru menilai pembelajaran teater?
Guru menilai dari aspek ekspresi, kerja sama, improvisasi, dan refleksi siswa, bukan hanya hasil akhir pementasan.
Apakah pembelajaran seni teater cocok untuk semua anak?
Ya, karena setiap anak dapat menemukan perannya sesuai minat dan kemampuannya, baik sebagai pemain, narator, maupun pendukung.
Bagaimana jika sekolah tidak memiliki panggung?
Pembelajaran dapat dilakukan di kelas atau halaman sekolah dengan properti sederhana.
Modul ajar deep learning seni teater kelas 3 SD/MI bukan hanya membentuk siswa menjadi pemain teater, melainkan manusia yang kreatif, berani, empatik, dan kolaboratif.
Dengan pendekatan mendalam, pembelajaran seni teater menghadirkan pengalaman nyata yang selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.
Melalui teater, anak-anak tidak hanya berperan di atas panggung, tetapi juga belajar memainkan peran penting dalam kehidupan nyata.