
mengajarmerdeka.id – Bayangkan seorang guru bernama Bu Sari yang menghadapi kelas 2 SD. Ada siswa yang cepat, ada yang pelan memahami kosakata “apple, banana, orange”. Jika ia hanya menyalin daftar kosakata dan meminta murid menghapal, banyak yang lupa dalam seminggu.
Namun jika Bu Sari mengajak siswa bermain teka-teki kata, bercerita tentang buah, lalu menghubungkan kosakata dengan pengalaman mereka (misalnya “I eat banana in the morning”), siswa mulai merasakan arti kata dan itu adalah esensi dari pembelajaran bermakna atau deep learning.
Deep learning dalam konteks pendidikan berbeda dari konsep “deep learning” dalam AI. Dalam pendidikan, deep learning berarti pembelajaran yang mendalam, bukan sekadar penghafalan dangkal.
Pendekatan ini mendorong siswa berpikir kritis, menghubungkan pengetahuan, mengeksplorasi makna, dan merefleksikan proses belajar (konsep yang juga diadopsi di contoh modul ajar Deep Learning Bahasa Inggris tingkat menengah).
Untuk kelas 2 SD/MI, perangkat ajar Bahasa Inggris berbasis deep learning harus dirancang dengan cermat agar anak-anak:
Artikel ini akan membahas komponen, struktur, dan strategi merancang perangkat ajar Bahasa Inggris kelas 2 SD/MI deep learning yang bisa diterapkan di mengajarmerdeka.id sebagai acuan guru.
Untuk mendapatkan Perangkat Ajar Bahasa Inggris untuk Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka Deep Learning, silahkan unduh melalui tautan yang kami lampirkan di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 2 SD/MI Deep Learning
Sebelum merancang modul, kita perlu memahami kerangka umum perangkat ajar berbasis deep learning. Berdasarkan contoh modul deep learning yang tersebar di berbagai jenjang, komponen berikut adalah wajib ada:
Contoh struktur seperti ini juga muncul dalam grup guru yang berbagi modul ajar Deep Learning Bahasa Inggris serta artikel panduan contoh modul deep learning.
Berikut langkah-langkah praktis merancang perangkat ajar deep learning untuk kelas 2:
Anak-anak kelas 2 senang tema yang dekat dengan diri mereka: My Family, My Toys, My Food, Animals. Pilih tema yang memungkinkan mereka menceritakan pengalaman. Misalnya: “My Favorite Food” bisa mengaitkan kosakata makanan sehari-hari.
Gunakan rumus SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound). Contoh:
Tujuan ini menjadi panduan penyusunan aktivitas dan penilaian.
Rancang kegiatan dalam 2–3 pertemuan agar tidak terlalu padat. Contoh alur:
Gunakan kombinasi media visual dan audio agar siswa terlibat secara multisensori:
Media seperti ini membantu siswa mengaitkan bentuk visual, suara, dan makna secara bersamaan—memicu deep encoding.
Penilaian harus mencerminkan tujuan. Buat rubrik yang jelas (misalnya kategori: pengucapan, kelengkapan kosakata, keberanian berbicara). Gunakan penilaian formatif: tanya jawab selama kegiatan, observing aktivitas siswa. Juga penilaian sumatif: tugas poster, quiz lisan.
Siapkan lembar kerja tambahan: misalnya siswa cepat bisa diberi tugas menuliskan kalimat lebih banyak atau mini-dialog sederhana. Siswa yang kesulitan bisa diberi latihan pengucapan terpisah atau game kosakata tambahan.
Setelah pelaksanaan, guru mencatat:
Catatan ini menjadi acuan revisi perangkat ajar berikutnya.
Berikut contoh mini perangkat ajar untuk satu pertemuan Bahasa Inggris kelas 2:
Identitas Modul
Tujuan Pembelajaran
Langkah Kegiatan
Waktu | Kegiatan | Catatan |
---|---|---|
5′ | Salam + Lagu “What’s your favorite food?” | Memancing minat |
8′ | Tampilkan flashcards + audio | Guru tunjuk gambar, siswa dengar audio |
10′ | Pasangan: diskusi makanan favorit | Guru berkeliling mendampingi |
7′ | Tugas proyek mini: poster makanan favorit | Siswa gambar, beri label Inggris |
3′ | Refleksi & sharing | Satu kata baru, satu pertanyaan |
Penilaian & Rubrik (contoh sederhana)
Pengayaan
Siswa bisa menulis kalimat tambahan: “I like rice but I don’t like broccoli.”
Remedial
Latihan flashcards tambahan, game kosakata di rumah, latihan pengucapan bersama guru pendamping.
Refleksi Guru
“Waktu pasangan terlalu cepat selesai, saya perlu menambah aktivitas”
“Salah satu kosakata ‘broccoli’ sulit, perlu dicek ulang audio/nada pengucapan”
Tantangan ini bisa diatasi dengan kerja sama guru, berbagi modul, dan memanfaatkan sumber dari platform guru seperti guru.kemdikbud atau situs modul ajar deep learning guru.
Perangkat ajar Bahasa Inggris kelas 2 SD/MI berbasis deep learning menawarkan cara pembelajaran yang lebih bermakna, interaktif, dan menyenangkan.
Dengan komponen modul yang jelas, strategi kegiatan yang kreatif, media pendukung yang menarik, serta penilaian reflektif, guru dapat membawa siswa lebih dari sekadar menghafal.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com