
mengajarmerdeka.id – Selamat datang di panduan ATP Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka, khusus Fase A. Kami akan menyajikan penjelasan lengkap dengan cerita ringan, data ilmiah, dan visual bermerek dalam bentuk infografik.
ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis, dari awal hingga akhir fase pembelajaran.
Ia berfungsi sama seperti silabus pada Kurikulum 2013, tetapi lebih fleksibel dan mudah disesuaikan dengan konteks lokal dan kebutuhan siswa
Sebagai guru, ATP menjadi panduan kerja utama: dari menentukan Capaian Pembelajaran (CP) hingga merancang Tujuan Pembelajaran (TP) yang spesifik.
Infografis ATP Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka
Dalam setiap ATP, terdapat komponen berikut:
Contoh tema Bahasa Indonesia Fase A: topik panca indera, anggota tubuh, merawat diri, dan suku kata kv‑kvk.
Ibu Sari, guru kelas 1 SDN Merdeka, sedang menyiapkan ATP Bahasa Indonesia. Ia mulai dengan CP: peserta didik mampu mengklasifikasi kosa kata anggota tubuh dan panca indera.
Lalu ia pecah ke dalam TP: siswa dapat menyimak instruksi lisan dan merangkai suku kata kv dan kvk menjadi kata familiar seperti “mata”, “hidung”, “tangan” (kv‑kvk).
Dari sana, ia menyusun alur harian: menyimak cerita, demonstrasi, latihan menyusun suku kata, hingga presentasi.
Ibu Sari menambahkan asesmen sederhana menggunakan kartu kata, observasi, dan diskusi. Hasilnya, siswa lebih aktif dan hasil asesmen formatif menunjukkan peningkatan pemahaman hingga 80%.
Penelitian menyebut bahwa jika tujuan pembelajaran disusun berjenjang dan selaras dengan asesmen, efeknya pada hasil belajar siswa bisa mencapai 0,4–0,7 standar deviasi – lebih efektif daripada pendekatan tanpa ATP atau TP terstruktur.
Meta-analisis nasional menyimpulkan bahwa guru yang mengikuti pedoman ATP menghasilkan pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan relevan konteks lokal anak.
Berikut ilustrasi singkat ATP rata‑rata mapel:
Berikut file contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 1 SD/MI fase A kurikulum merdeka, silahkan unduh melalui link yang kami sediakan di bawah ini:
Untuk memperdalam, kunjungi artikel lengkap terkait:
ATP kelas 1 SD/MI Fase A adalah fondasi penting agar pembelajaran lebih sistematis, kontekstual, dan berorientasi capaian. Dengan struktur CP–TP yang jelas, alur logis, dan asesmen, guru dapat memandu siswa mencapai potensi maksimal.
Selamat menyusun ATP yang kreatif dan bermakna!