mengajarmerdeka.id – Pembelajaran Sejarah sering kali dianggap sebagai hafalan peristiwa dan tokoh masa lalu. Namun, Kurikulum Merdeka menghadirkan pendekatan baru yang menekankan makna, pemahaman, dan refleksi melalui perangkat ajar berbasis Deep Learning.
Pada jenjang Kelas 12 SMA/MA, siswa diajak tidak hanya mengingat kronologi sejarah, tetapi juga menganalisis hubungan sebab-akibat, memahami konteks sosial politik, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalamnya.
Perangkat Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 12 dirancang sebagai panduan pembelajaran yang interaktif, berorientasi pada capaian pembelajaran (CP), dan mengintegrasikan literasi digital serta berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS).
Dalam konteks ini, guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang menuntun siswa untuk menemukan sendiri makna dari setiap peristiwa sejarah.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Perangkat ajar Deep Learning Sejarah untuk Kelas 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 12 SMA/MA
Deep Learning dalam konteks pendidikan tidak merujuk pada algoritma kecerdasan buatan, melainkan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman mendalam, keterkaitan konsep, dan refleksi personal.
Menurut Marton dan Säljö (2021), pembelajaran mendalam membantu siswa untuk memahami makna materi dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata, bukan sekadar menghafal fakta.
Dalam mata pelajaran Sejarah, pendekatan ini memungkinkan siswa memahami peristiwa sejarah sebagai proses dinamis yang membentuk identitas bangsa dan dunia modern.
Setiap topik dalam perangkat ajar diolah sedemikian rupa agar siswa mampu berpikir kritis dan menilai dampak dari peristiwa masa lalu terhadap kondisi saat ini.
Perangkat ajar ini berisi modul ajar, asesmen formatif dan sumatif, panduan aktivitas reflektif, serta integrasi literasi digital yang relevan dengan konteks masa kini.
Untuk memastikan keterpaduan dan keefektifan proses pembelajaran, perangkat ajar disusun berdasarkan struktur utama Kurikulum Merdeka sebagai berikut:
Ada lima prinsip utama yang diterapkan dalam perangkat ajar Deep Learning Sejarah:
Misalnya, pada topik “Dinamika Politik Dunia Pasca Perang Dunia II”, guru dapat merancang kegiatan pembelajaran sebagai berikut:
Pendekatan ini menjadikan sejarah bukan sekadar materi hafalan, tetapi pengalaman berpikir kritis yang menumbuhkan kesadaran sejarah (historical consciousness).
Perangkat Ajar Deep Learning Sejarah dirancang untuk mendukung pencapaian enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diamanatkan dalam Kurikulum Merdeka:
Penelitian yang dilakukan oleh University of Melbourne (2023) menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis deep learning dapat meningkatkan kemampuan analisis sejarah hingga 41% dibandingkan metode konvensional.
Selain itu, laporan UNESCO Education Futures (2024) menegaskan bahwa integrasi teknologi dan pendekatan reflektif dalam pembelajaran sejarah mampu meningkatkan literasi berpikir kritis siswa hingga 35%.
Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat ajar berbasis Deep Learning bukan hanya inovatif secara pedagogis, tetapi juga efektif secara empiris dalam membangun kemampuan kognitif dan afektif siswa.
Guru sering menghadapi tantangan dalam mengubah paradigma pembelajaran dari berbasis hafalan menuju pembelajaran reflektif. Keterbatasan sumber digital dan waktu juga menjadi kendala. Namun, terdapat beberapa strategi solusi:
Perangkat Ajar Deep Learning Sejarah Kelas 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka merupakan inovasi penting dalam mewujudkan pembelajaran sejarah yang bermakna, kritis, dan kontekstual.
Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya memahami masa lalu, tetapi juga mampu merefleksikan nilai-nilai sejarah sebagai pedoman menghadapi tantangan masa depan.
Guru berperan sebagai fasilitator yang menuntun siswa untuk berpikir mendalam, bukan sekadar menghafal. Pembelajaran sejarah menjadi ruang dialog antara masa lalu, masa kini, dan masa depan membangun generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter, dan berwawasan global.
Situs mengajarmerdeka.id hadir sebagai mitra strategis bagi para pendidik untuk memperluas wawasan, mengakses perangkat ajar inovatif, dan mewujudkan semangat merdeka belajar dalam setiap ruang kelas di Indonesia.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com