mengajarmerdeka.id – Buku Panduan Guru Matematika untuk Kelas I SD/MI terbitan Kemdikbudristek (2022) merupakan salah satu perangkat penting yang disiapkan untuk memudahkan guru mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kelas awal.
Buku ini tidak hanya menjadi petunjuk penggunaan Buku Siswa, tetapi juga menjadi blueprint pembelajaran numerasi yang kontekstual, menyenangkan, dan sesuai tahap perkembangan peserta didik.
Dapatkan juga:
Buku ini memiliki dua tujuan utama:
Guru diberi ruang kreativitas untuk melakukan adaptasi berdasarkan kondisi, karakter peserta didik, dan kearifan lokal lingkungan sekolah.
Peserta didik kelas I berada pada tahap berpikir konkret. Karena itu, semua konsep matematika dalam buku ini diperkenalkan secara bertahap dan menggunakan benda nyata, gambar, serta aktivitas eksploratif. Hal ini memudahkan siswa mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari.
Pendekatan ini diharapkan dapat mengasah:
Setiap kegiatan mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang mendukung enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, seperti:
Buku ini menekankan agar guru tidak hanya mengejar capaian akademik, tetapi juga penguatan karakter.
Pada Fase A (kelas I dan II), peserta didik ditargetkan menguasai beberapa elemen utama:
Memahami makna simbol “=” melalui kalimat matematika sederhana.
Membandingkan panjang dan mengukur menggunakan satuan tidak baku.
Mengenal bentuk dasar seperti segitiga, segiempat, dan lingkaran.
Menyortir, mengelompokkan data, serta membaca diagram sederhana.
Buku ini terdiri dari delapan bab materi pokok:
Setiap bab dirancang dengan pendekatan yang konsisten dan struktural.
Setiap bab memiliki rangkaian kegiatan yang lengkap untuk memudahkan guru mengajar:
Cerita kontekstual digunakan sebagai pemantik. Misalnya, cerita “Di Taman Bermain” untuk bab mengenal bilangan. Siswa diajak mengamati gambar, berdiskusi, dan menghubungkan konsep matematika dengan lingkungan nyata.
Siswa mempelajari inti materi melalui benda konkret, bingkai 10 (ten frame), kartu bilangan, dan aktivitas mencacah.
Kegiatan eksploratif yang mengajak siswa melakukan sendiri, seperti menghitung anggota tubuh, menata benda, atau mengisi bingkai bilangan.
Aktivitas kelompok yang menyenangkan, misalnya lomba mencari benda sesuai jumlah tertentu atau permainan menghitung maju–mundur.
Soal-soal yang memperkuat konsep. Guru dianjurkan memperbanyak halaman ini karena Buku Siswa tidak boleh dicoret.
Proyek kreatif, seperti menggambar benda pada bingkai 10, membuat pola bentuk, atau menyusun bangun datar.
Guru diberi panduan langkah-langkah remedial (misalnya menghitung benda konkret kembali) dan contoh kegiatan pengayaan (misalnya menghitung 2–2 atau pola lanjutan).
Fasilitas refleksi siswa tentang apa yang sudah mereka pelajari dan hal baru yang ingin diketahui.
Buku ini menekankan lima strategi utama:
1. Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik
Siswa aktif mengeksplorasi benda konkret sebelum memahami simbol matematika.
2. Pembelajaran Kontekstual
Materi selalu dikaitkan dengan kehidupan nyata taman, mainan, makanan tradisional, hingga benda di sekeliling rumah.
3. Kombinasi Individual & Kelompok
Untuk menumbuhkan kreativitas sekaligus kerja sama.
4. Pembelajaran Berbasis Masalah
Setiap bab dimulai dengan problem context agar siswa belajar bernalar.
5. Dukungan terhadap Keberagaman Peserta Didik
Guru diberikan panduan untuk memodifikasi aktivitas untuk siswa yang membutuhkan remedial maupun mereka yang memerlukan pengayaan.
Buku Panduan Guru ini sangat membantu guru karena:
Dengan memadukan eksplorasi, diskusi, permainan, dan refleksi, buku ini menciptakan pengalaman belajar matematika yang mudah dipahami, menyenangkan, dan relevan bagi anak kelas I.
Secara keseluruhan, Buku Panduan Guru Matematika SD/MI Kelas I merupakan sumber komprehensif yang membantu guru menjalankan pembelajaran numerasi secara kreatif dan berkarakter.
Dengan beragam aktivitas yang kontekstual serta penggunaan media konkret seperti bingkai 10, kartu bilangan, dan benda-benda sekitar, buku ini sangat sesuai untuk membangun fondasi numerasi siswa pada masa transisi awal sekolah dasar.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com