mengajarmerdeka.id – Pendidikan seni memiliki peran besar dalam membentuk kreativitas, kepekaan rasa, dan kecerdasan emosional siswa.
Pada Kurikulum Merdeka, Seni Musik untuk kelas 9 tidak hanya berfokus pada kemampuan memainkan alat musik atau memahami teori musik.
Pembelajaran seni kini diarahkan agar siswa mampu berpikir kritis, menghasilkan karya, melakukan refleksi, serta memahami konteks budaya melalui pendekatan pembelajaran mendalam atau deep learning.
Dalam konteks tersebut, perangkat ajar Seni Musik Kelas 9 yang mengintegrasikan prinsip deep learning menjadi kebutuhan baru bagi guru.
Perangkat ajar bukan sekadar kumpulan materi, melainkan panduan komprehensif yang menghadirkan pembelajaran yang berorientasi pada proses, eksplorasi, dan pengalaman kreatif.
Artikel ini membahas bagaimana perangkat ajar Seni Musik berbasis deep learning dirancang, manfaatnya, serta bagaimana guru dapat mengimplementasikannya secara optimal di kelas SMP/MTs.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Perangkat ajar Deep Learning Seni Musik untuk Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Seni Musik Kelas 9 SMP/MTs
Deep learning dalam pendidikan bukan merujuk pada teknologi kecerdasan buatan, melainkan pendekatan pembelajaran mendalam yang menekankan pemahaman konsep, refleksi, serta keterhubungan antarmateri.
Dalam Seni Musik, pendekatan ini sangat relevan karena proses berkesenian selalu melibatkan pembelajaran berlapis: mendengar, merasakan, menganalisis, mencipta, hingga menyajikan karya.
Perangkat ajar deep learning pada Seni Musik Kelas 9 dirancang dengan menekankan lima aspek: eksplorasi, pemaknaan, penciptaan, kolaborasi, dan evaluasi reflektif.
Hal ini sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang mendorong pembelajaran berbasis projek, diferensiasi, dan berpusat pada peserta didik.
Perangkat ajar yang ideal harus mengacu pada capaian pembelajaran Seni Musik fase D, dengan memperhatikan perkembangan kognitif, estetika, dan motorik siswa kelas 9. Adapun komponennya meliputi:
Deep learning membantu siswa mengalami musik secara mendalam. Berikut beberapa pendekatan yang umum digunakan:
Penelitian dari National Association for Music Education (NAfME, 2023) menunjukkan bahwa pembelajaran musik berbasis eksplorasi dan refleksi dapat meningkatkan kreativitas siswa hingga 42%. Studi lain dari University College London (2024) melaporkan bahwa pengalaman musikal berbasis proyek dapat meningkatkan kolaborasi siswa sebesar 29% dibandingkan pembelajaran tradisional.
Selain itu, meta-analisis UNESCO (2024) menemukan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning approach) dalam seni dapat meningkatkan pemahaman konsep estetika hingga 37% dan memperkuat keterampilan metakognitif yang berperan besar dalam kemampuan problem-solving non-akademik.
Data-data ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat ajar berbasis deep learning bukan hanya inovatif, tetapi juga memiliki dasar ilmiah yang kuat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni.
Berikut salah satu contoh penerapan perangkat ajar deep learning pada topik “Pola Irama dalam Musik Nusantara”:
Pendekatan ini memberikan pengalaman musikal yang lengkap: mendengar, memahami, bereksperimen, berkreasi, dan merefleksi.
Perangkat ajar Seni Musik berbasis deep learning mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila melalui:
Pendekatan ini sesuai dengan visi Kurikulum Merdeka yang menekankan karakter, kreativitas, dan personalisasi pembelajaran.
Meski efektif, pembelajaran Seni Musik berbasis deep learning memiliki tantangan tersendiri:
Namun tantangan ini dapat diatasi dengan strategi sederhana seperti memanfaatkan benda sekitar sebagai alat musik, menggunakan aplikasi musik digital, atau membagi tugas secara proporsional antaranggota kelompok.
Perangkat Ajar Seni Musik Kelas 9 SMP/MTs berbasis Deep Learning dalam Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pembelajaran yang modern, relevan, dan efektif untuk mengembangkan kreativitas siswa.
Dengan menekankan eksplorasi, refleksi, kolaborasi, dan penciptaan, siswa dapat mengembangkan kecerdasan musikal sekaligus kompetensi abad ke-21. Pendekatan ini didukung data ilmiah yang kuat dan sejalan dengan nilai profil pelajar Pancasila.
Bagi guru, perangkat ajar ini bukan hanya panduan mengajar, tetapi juga sumber inspirasi untuk menghadirkan pengalaman seni yang lebih bermakna.
Dengan memadukan teknologi, konteks budaya, dan eksplorasi kreatif, Seni Musik akan menjadi ruang belajar yang menyenangkan, dinamis, dan membentuk karakter siswa secara holistik.
Mengajarmerdeka.id dapat menjadi sumber rujukan bagi guru untuk terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran berbasis seni yang berkualitas.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com