
mengajarmerdeka.id -Bayangkan sebuah kelas ekonomi di mana siswa tidak hanya menghafal teori permintaan dan penawaran, tetapi bisa memprediksi bagaimana harga minyak dunia memengaruhi ekonomi nasional menggunakan kecerdasan buatan.
Inilah gambaran masa depan pendidikan ekonomi dengan perangkat ajar berbasis deep learning di Kelas 10 SMA/MA sesuai Kurikulum Merdeka.
Di era digital, dunia ekonomi bergerak cepat. Siswa perlu memahami bukan hanya konsep dasar, tetapi juga bagaimana data, teknologi, dan kebijakan saling berinteraksi. Melalui perangkat ajar berbasis deep learning, guru kini dapat membawa dunia ekonomi yang kompleks menjadi pengalaman belajar yang hidup dan relevan.
Untuk mendapatkan Perangkat Ajar Ekonomi untuk Kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka Deep Learning berdasarkan mata pelajaran, silahkan unduh melalui tautan yang kami lampirkan di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Perangkat ajar deep learning bukan sekadar kumpulan modul dan lembar kerja. Ini adalah ekosistem pembelajaran yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis perilaku belajar siswa, menyesuaikan materi, dan memberikan umpan balik secara otomatis.
Dalam konteks mata pelajaran Ekonomi, deep learning memungkinkan siswa untuk:
Menurut Journal of Economic Education Research (2024), penerapan pembelajaran berbasis AI meningkatkan pemahaman konsep makroekonomi hingga 45% dibandingkan metode konvensional. Ini membuktikan bahwa teknologi deep learning bukan hanya tren, tetapi solusi konkret untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa.
Perangkat ajar berbasis deep learning disusun mengikuti prinsip Kurikulum Merdeka: fleksibel, kontekstual, dan berorientasi pada profil pelajar Pancasila. Struktur dasarnya mencakup empat komponen utama:
Di SMA Negeri 4 Bandung, Pak Rafi guru Ekonomi yang dikenal kreatif memutuskan untuk mencoba perangkat ajar deep learning pada semester genap 2025. Ia ingin membuat pelajaran ekonomi terasa nyata, bukan hanya teori.
Awalnya, siswa kesulitan memahami topik “Keseimbangan Pasar”. Mereka bingung mengaitkan teori dengan fenomena ekonomi yang sesungguhnya. Maka Pak Rafi menggunakan platform pembelajaran berbasis deep learning yang terintegrasi dengan data ekonomi nasional.
“Ketika mereka melihat sendiri bagaimana harga cabai bisa berubah karena permintaan dan pasokan, mereka langsung paham konsep keseimbangan harga,” kata Pak Rafi sambil tersenyum.
Salah satu siswanya, Dinda, mengaku kini lebih tertarik belajar ekonomi. “Sebelumnya saya pikir ekonomi itu cuma angka dan grafik. Tapi sekarang saya bisa lihat dampaknya di dunia nyata.” Nilai rata-rata kelas pun meningkat 15% dibanding semester sebelumnya.
Kurikulum Merdeka menekankan pada student-centered learning dan contextual learning. Deep learning menjadi mitra ideal karena teknologi ini menyesuaikan pembelajaran dengan profil siswa.
Misalnya, siswa dengan gaya belajar visual akan mendapatkan penjelasan ekonomi lewat video dan diagram dinamis. Sementara siswa yang suka analisis teks mendapat studi kasus ekonomi global.
Struktur capaian pembelajaran Ekonomi Kelas 10 mencakup:
Deep learning membantu siswa mempelajari semua ini secara adaptif. Misalnya, saat siswa kesulitan memahami peran Bank Indonesia, sistem akan menampilkan simulasi interaktif tentang kebijakan suku bunga dan dampaknya terhadap inflasi.
Deep learning bekerja melalui Artificial Neural Network (ANN), model yang meniru cara kerja otak manusia dalam mengenali pola. Dalam konteks pendidikan ekonomi, model ini menganalisis ribuan data perilaku siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
Beberapa teknologi yang digunakan antara lain:
Riset dari EdTech Review Indonesia (2025) menyebutkan bahwa pembelajaran ekonomi dengan bantuan deep learning meningkatkan engagement siswa hingga 58% karena siswa merasa pembelajarannya relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Memang tidak mudah menerapkan sistem deep learning di sekolah. Tantangan utamanya adalah keterbatasan infrastruktur digital dan literasi teknologi di kalangan guru.
Namun, solusi mulai bermunculan. Beberapa sekolah di bawah Kemendikbud mulai menggunakan Learning Management System (LMS) yang terintegrasi AI. Selain itu, pelatihan guru digital berbasis Kurikulum Merdeka juga digelar secara rutin oleh berbagai lembaga pendidikan, termasuk inisiatif seperti Mengajar Merdeka Digital.
Mari lihat contoh aktivitas nyata dalam topik “Peran Pemerintah dalam Perekonomian”:
Dengan pendekatan seperti ini, siswa belajar berpikir kritis dan memahami bahwa ekonomi bukan hanya angka, tapi cerita tentang kehidupan manusia.
Kurikulum Merdeka menekankan pembentukan pelajar yang beriman, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Deep learning mendukung semua aspek itu dengan cara yang natural.
Perangkat ajar Ekonomi Kelas 10 SMA/MA berbasis deep learning bukan hanya tentang teknologi, tetapi tentang cara baru memahami dunia ekonomi. Dengan dukungan AI, siswa belajar dari data nyata, memahami logika ekonomi, dan mengembangkan pemikiran kritis yang relevan dengan zaman.
Guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber pengetahuan, tetapi menjadi fasilitator yang membimbing siswa memahami realitas ekonomi global.
Seperti yang dikatakan Pak Rafi, “Deep learning membuat pelajaran ekonomi jadi nyata. Anak-anak tidak lagi belajar angka, tapi memahami kehidupan.”
Jika Anda seorang guru atau pengembang kurikulum, kini saatnya mengeksplorasi perangkat ajar berbasis deep learning. Temukan panduan lengkap lainnya di mengajarmerdeka.id, seperti Modul Ajar Ekonomi Fase E, Strategi Pembelajaran AI di SMA, dan Integrasi Teknologi dalam Kurikulum Merdeka.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com