
mengajarmerdeka.id – Pagi itu, Pak Ahmad membuka kelas dengan salam hangat, lalu mengajak murid-murid bernyanyi shalawat sederhana.
Anak-anak tersenyum, suasana menjadi damai. Hari itu ia tidak hanya mengajarkan tentang salat, tapi juga ingin anak-anak memahami arti disiplin, kebersamaan, dan rasa syukur.
Inilah kekuatan Modul Ajar Deep Learning PAI dan BP: bukan sekadar menghafal doa, tetapi membuat anak merasakan nilai Islam dalam keseharian mereka.
Deep learning dalam pendidikan bukan teknologi AI, melainkan pembelajaran mendalam. Di mata pelajaran PAI dan BP, deep learning berarti:
Penelitian Hattie (2018) menunjukkan bahwa pembelajaran reflektif memiliki pengaruh signifikan (efek ukuran 0,79) terhadap hasil belajar, jauh di atas rata-rata.
Siswa mampu melaksanakan salat wajib dengan benar sesuai tuntunan sederhana dan menunjukkan rasa syukur melalui doa dan perilaku sehari-hari.
Pak Ahmad bercerita tentang seorang anak bernama Fajar yang selalu mengingatkan keluarganya untuk salat berjamaah. Dari cerita ini, anak-anak diminta merenungkan: apa yang bisa mereka lakukan agar selalu ingat salat?
Setelah cerita, siswa diajak mempraktikkan salat berjamaah sederhana di kelas. Lalu, mereka menulis atau menggambar hal-hal yang mereka syukuri hari itu. Beberapa menggambar keluarga, ada yang menggambar makanan, ada juga yang menggambar matahari.
Akhirnya, seluruh kelas menutup pelajaran dengan doa bersama, merasakan kedekatan dengan Allah SWT.
1. Kontekstualisasi
Hubungkan ajaran dengan kehidupan sehari-hari, misalnya pentingnya berterima kasih setelah makan.
2. Refleksi
Berikan waktu siswa menceritakan pengalaman ibadah di rumah.
3. Kolaborasi
Laksanakan praktik salat berjamaah untuk membiasakan kebersamaan.
4. Aksi Nyata
Dorong siswa mempraktikkan doa harian bersama keluarga.
Penelitian Lickona (1991) menunjukkan bahwa pendidikan moral dan budi pekerti efektif bila dipraktikkan melalui kegiatan nyata, bukan hanya teori. Dalam PAI dan BP, deep learning memperkuat akhlak dan iman sekaligus.
Kegiatan | Tujuan | Media |
---|---|---|
Cerita “Fajar dan Salat Berjamaah” | Memahami pentingnya salat | Buku cerita |
Praktik salat berjamaah | Membiasakan ibadah | Sajadah, mukena |
Menggambar rasa syukur | Menumbuhkan kesadaran | Kertas, krayon |
Doa bersama | Menguatkan kedekatan dengan Allah | Buku doa |
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Modul ajar Deep Learning PAI dan BP kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini dari bab 1 sampai 10:
SEMESTER 1
SEMESTER 2
Modul Ajar Deep Learning PAI dan BP untuk kelas 2 SD/MI memberikan pengalaman belajar yang bermakna, membentuk akhlak, disiplin, dan rasa syukur sejak dini. Dengan metode kontekstual, reflektif, kolaboratif, dan berbasis aksi, pembelajaran agama menjadi lebih hidup dan relevan.
Seperti yang dialami Pak Ahmad, kelas bukan hanya tempat belajar doa, tetapi juga ruang membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia.