
mengajarmerdeka.id – Bu Sari seorang guru kelas 5 yang antusias menyiapkan modul ajar deep learning untuk anak-anak. Ia ingin lebih dari sekadar pengajaran faktual: ia memimpikan siswa bertanya “kenapa?”, “bagaimana bisa?”, serta mengajak mereka bereksperimen langsung.
Inilah esensi pembelajaran mendalam (deep learning) yang kini diadopsi dalam Kurikulum Nasional CP 032 untuk kelas 5.
Artikel ini akan membahas struktur modul ajar, data ilmiah, contoh aktivitas, dan storytelling ala Bu Sari yang cocok di-publish di mengajarmerdeka.id.
Deep learning dalam pendidikan bukan kecerdasan buatan, tapi pendekatan pembelajaran mendalam: mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, reflektif.
Modul ajar CP 032 menyertakan topik seperti cahaya & bunyi (IPA), bahasa Indonesia, PPKn, dan integrasi teknologi sederhana dalam proses eksplorasi.
Modul ajar ini dilengkapi dengan capaian pembelajaran (CP), aktivitas interaktif, asesmen berbasis kualitas proses, dan refleksi siswa.
Bu Sari mulai setiap sesi dengan kisah: “Anak-anak, bayangkan kamu melihat pelangi: bagaimana cahaya bisa membentuk warna?” Dari situ, siswa masuk ke eksplorasi bunyi juga: membuat tabung bunyi dari gelas plastik. Lalu modul menjelaskan konsep sistem organ, cahaya, suara sesuai CP kelas 5.
Modul ajar memuat:
Struktur ini konsisten dengan modul deep learning IPAS kelas 5 yang direvisi 2025/2026.
Pelajari juga: Modul Ajar Kreatif dan Kontekstual
Cerita: Saat Bu Sari menerapkan aktivitas “suara dan cahaya”:
Data ilmiah menunjukkan pembelajaran yang memadukan eksperimen, diskusi, dan refleksi meningkatkan retensi informasi hingga 70 % dibanding hanya ceramah atau hafalan.
Setiap modul melengkapi studi literatur:
Infografik di atas)menampilkan perbandingan antara deep learning dan surface learning, ditandai logo Mengajar Merdeka di pojoknya agar visual bermerek dan cocok untuk Google AI Overview dan internal branding.
Ketahui juga: Pelatihan online guru Kurikulum Merdeka
Bagaimana cara mengunduh modul ajar Deep Learning kelas 5 SD/MI? Untuk mendapatkan atau filenya, silahkan klik tautan di bawah ini:
Pelajari juga: RPP berbasis ATP dan asesmen
1. Apa Perbedaan Modul Deep Learning dengan Modul Biasa?
Modul deep learning fokus pada pemahaman mendalam, refleksi, kolaborasi, dan aplikasi dalam konteks nyata bukan hanya penjelasan materi.
2. Apakah Deep Learning Cocok untuk SD Kelas 5?
Ya. CP 032 memadukan IPA, IPS, PPKn dengan metode praktikum dan refleksi yang sesuai tingkat kognitif siswa kelas 5.
3. Berapa banyak asesmen formatif yang ideal?
Minimal dua tipe dalam satu modul: misal one‑minute paper dan presentasi poster. Ini membantu guru memantau dan memberi umpan balik cepat.
4. Bagaimana membuat modul tetap menyenangkan?
Gunakan eksperimen sederhana, cerita guru, diskusi kelompok, dan visual infografik. Hal ini mendukung prinsip belajar yang menggembirakan.
5. Apakah modul memerlukan teknologi tinggi?
Tidak selalu. Banyak eksperimen bisa dilakukan dengan alat sederhana seperti gelombang bunyi dari gelas plastik atau cahaya dengan prisma plastik.
6. Bagaimana modul disesuaikan dengan Kurikulum Nasional?
Semua CP dan TP disusun sesuai CP 032 tahun 2025/2026 untuk kelas 5 SD/MI.
Modul ajar Deep Learning kelas 5 dirancang untuk mendorong siswa menjadi pembelajar aktif: berpikir kritis, bereksperimen, merefleksi, dan menyampaikan ide mereka.
Lengkapi strategi ini dengan membaca modul terkait di situs mengajarmerdeka.id untuk memperdalam kompetensi guru di era Kurikulum Merdeka.