mengajarmerdeka.id – Bayangkan ruang kelas di akhir semester, ketika siswa kelas 12 menatap jadwal ujian dan guru menatap daftar hadir. Tapi kali ini bukan sekadar hafalan, bukan sekadar murid mendengarkan guru ceramah selama 45 menit.
Guru membuka dialog: “Bagaimana iman, Islam, dan ihsan itu saling terkait dalam hidupmu?” Siswa sedikit terkejut. Mereka kemudian bekerja dalam kelompok, membaca ayat-ayat, berdiskusi, menulis refleksi, kemudian membagikan pengalaman nyata mereka.
Suasana terasa hidup mereka tidak hanya menghafal, tetapi merenungkan. Inilah esensi pembelajaran mendalam atau deep learning dalam konteks PAI & BP. Penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini membantu siswa memahami secara lebih mendalam dan relevan.
Di artikel ini, kita akan mengupas bagaimana guru dapat menyiapkan perangkat ajar untuk PAI & BP Kelas 12 di era Kurikulum Merdeka, dengan memanfaatkan prinsip deep learning, agar pembelajaran lebih bermakna, kontekstual, dan transformatif.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Perangkat ajar Deep Learning PAI dan BP untuk Kelas 11 SMA/MA Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning PAI dan BP Kelas 12 SMA/MA
Sebelum mendesain perangkat ajar, penting memahami dulu kerangka besar PAI & BP dalam Kurikulum Merdeka.
Untuk Kelas 12 (Fase F), bidang PAI & BP memiliki capaian pembelajaran yang sangat strategis: siswa diharapkan mampu memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berpikir kritis, ilmu dan teknologi, memelihara kehidupan manusia, dan moderasi beragama.
Elemen-elemen seperti Al-Qur’an & Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam menjadi pilar pembelajaran.
Mengacu pada data materi PAI Kelas 12 Kurikulum Merdeka: semester 1 mencakup topik-topik seperti “Sabar dalam menghadapi musibah dan ujian”, “Indahnya kehidupan bermakna hakikat iman, Islam dan ihsan”.
Semester 2 melanjutkan ke bab-bab seperti “Cinta tanah air dan moderasi beragama”, “Ilmu Kalam”, “Sikap inovatif dan etika dalam berorganisasi”, “Ijtihad”. Silabus PAI & BP Kelas 12 juga tersedia sebagai referensi guru.
Pembelajaran tradisional PAI sering berorientasi hafalan dan penguasaan kognitif semata. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan pendekatan deep learning (atau pembelajaran mendalam) yang menekankan pemaknaan, refleksi, dan pengalaman aktif hasil belajar siswa dalam aspek afektif dan psikomotorik dapat meningkat.
Artinya: Perangkat ajar yang kita rancang harus bisa membawa siswa bukan hanya ke “tau”, tapi ke “mengalami” dan “menerapkan”.
Untuk merancang perangkat ajar yang efektif, berikut beberapa prinsip deep learning yang cocok untuk PAI & BP:
Dengan memahami prinsip-ini, perangkat ajar dapat dirancang agar sesuai dengan capaian pembelajaran, karakter siswa, dan tantangan zaman (seperti teknologi, moderasi beragama, organisasi sosial).
Di bagian ini kita akan menguraikan secara sistematis elemen-elemen yang perlu ada dalam perangkat ajar untuk PAI & BP Kelas 12.
Tulis secara spesifik: misalnya, “Siswa dapat menganalisis keterkaitan iman, Islam dan ihsan serta menerapkannya dalam layanan sosial di sekolah.”
Tujuan ini harus terkait dengan capaian pembelajaran fase F.
Contoh materi untuk semester 1: hakikat iman-Islam-ihsan; mufakat “munafik dan keras hati”; untuk semester 2: cinta tanah air, moderasi beragama, etika organisasi. Materi harus diuraikan dalam sub-topik konkret agar memudahkan penyusunan aktivitas dan penilaian.
Berikut contoh model yang bisa digunakan:
Model seperti ini sesuai dengan penelitian bahwa pembelajaran mendalam mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman reflektif.
Sumber belajar bisa berupa buku teks resmi (untuk PAI & BP kelas 12 Kurikulum Merdeka) yang telah tersedia.
Media tambahan: video pendek, artikel online, infografis, modul ajar digital. Modul ajar spesifik untuk PAI & BP kelas 12 sudah ditemukan di beberapa sekolah. Pastikan media mendukung aktivitas aktif-kolaboratif dan refleksi.
Penilaian harus menyentuh aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Contoh: rubrik diskusi, rubrik proyek, presentasi kelompok, jurnal refleksi.
Buku panduan guru menyebut bahwa penilaian bukan hanya pilihan ganda, tetapi uraian, observasi, dan tugas proyek.
Penilaian autentik sangat cocok dengan deep learning karena fokusnya pada pemahaman dan aplikasi, bukan hanya hafalan.
Siswa memiliki keragaman: ada yang cepat memahami, ada yang butuh penguatan. Perangkat ajar perlu memuat aktivitas pengayaan (extension) dan remedial (penguatan).
Perhatikan pula karakteristik siswa: mandiri, bernalar kritis, kreatif sesuai profil lulusan Kurikulum Merdeka.
Mari kita buat skenario untuk satu pertemuan, misalnya topik “Hubungan Iman-Islam-Ihsan”:
Alur ini mengombinasikan aktivitas kolaboratif, reflektif, penggunaan media, dan aplikasi nyata inti dari deep learning.
Tantangan umum:
Tips praktis:
Dengan perangkat ajar berbasis deep learning untuk PAI & BP, berikut manfaat yang dirasakan:
Merancang perangkat ajar untuk PAI & BP kelas 12 dalam Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan pendekatan deep learning mungkin terdengar seperti tantangan besar.
Namun, dengan memahami konteks capaian pembelajaran, memilih aktivitas yang bermakna, memfasilitasi siswa secara aktif, dan mengevaluasi secara autentik guru dapat menjadikan pembelajaran lebih hidup dan berdampak.
Maka ruang kelas bukan lagi hanya “guru berbicara, siswa mencatat”, tetapi tempat refleksi, dialog, pengalaman nyata dan pembentukan karakter yang kuat.
Semoga artikel ini membantu guru di situs “mengajarmerdeka.id” untuk menyusun perangkat ajar yang bukan hanya memenuhi standar, tetapi membawa transformasi nyata bagi siswa.
Selamat merancang dan mengajar!
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com