mengajarmerdeka.id – Bayangkan Pak Arif, seorang guru PAI di SMP swasta di kota kecil. Tahun ajaran baru datang, dan ia mendapat tugas menyusun perangkat ajar untuk kelas 9 fase D sesuai Kurikulum Merdeka.
Selama ini ia mengajar dengan metode ceramah dan tugas rutin namun kini ia ingin siswa tak sekadar hafal, tetapi terlibat, merasakan, dan menghidupkan nilai. Inilah momen di mana konsep pembelajaran mendalam atau “deep learning” hadir sebagai jembatan: bukan hanya menghafal ayat atau definisi, tetapi siswa aktif menjalin makna, merasakan relevansi, dan menghasilkan karya nyata. Dalam konteks PAI & BP kelas 9, perangkat ajar “Deep Learning” menjadi sebuah alat transformasi.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Perangkat ajar Deep Learning PAI dan BP untuk Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning PAI dan BP Kelas 9 SMP/MTs
Istilah “deep learning” di sini bukan yang berhubungan dengan kecerdasan buatan, tetapi merujuk pada pendekatan pembelajaran yang mendalam: siswa tidak hanya menerima, tetapi merenungkan, mengaitkan, dan menerapkan.
Modul-modul ajar untuk kelas 9 PAI & BP yang menerapkan prinsip ini telah mulai banyak dikembangkan, misalnya modul yang memuat pendekatan Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning.
Dengan perangkat ajar yang tepat, guru seperti Pak Arif bisa menyiapkan alur yang sistematis: dari Capaian Pembelajaran (CP) → Tujuan-Pembelajaran (TP) → Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) → aktivitas/modul.
Dalam kerangka Kurikulum Merdeka, guru bukan lagi sekadar penyampai materi, melainkan fasilitator pembelajaran yang membimbing siswa aktif. Perangkat ajar yang baik membantu memastikan bahwa pembelajaran PAI & BP kelas 9:
Sebagai contoh, sumber menyebut bahwa “Modul Ajar Deep Learning PAI Kelas 9” memuat desain pembelajaran yang mengadopsi deep learning (mindful, meaningful, joyful) dan strategi berbeda untuk tiap siswa (diferensiasi).
Mari kita uraikan komponen-komponen penting dalam perangkat ajar tersebut agar guru dapat mempersiapkan dengan matang.
Langkah pertama adalah mengisi identitas sekolah, kelas, semester, alokasi waktu. Lalu guru mengidentifikasi kesiapan siswa: tingkat pemahaman awal, karakteristik kelas, kebutuhan khusus. Sebuah modul untuk kelas 9 menyebut “Peserta didik sudah memiliki pemahaman dasar tentang pentingnya Al-Qur’an … namun masih memerlukan bimbingan dalam mengaitkan nilai-nilai dengan kehidupan sehari-hari.”
Selanjutnya, perangkat ajar harus mencantumkan profil lulusan yang diharapkan misalnya: keimanan, penalaran kritis, kolaborasi, dan lain-lain.
Contoh: modul menyebut “8 Dimensi Profil Lulusan terdiri dari Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan, dan Komunikasi.” Guru kemudian merumuskan CP dan TP berdasarkan dimensi itu.
ATP atau peta jalan belajar menghubungkan tujuan pembelajaran dengan aktivitas, asesmen, dan produk siswa. Misalnya dalam modul PAI & BP kelas 9 disebutkan komponen ATP untuk Bab “Al-Qur’an Menginspirasi: Meraih Kesuksesan dengan Semangat Mencari Ilmu”.
Di sinilah aktivitas pembelajaran dirancang: langkah-kegiatan, media, tugas, diskusi, proyek, refleksi. Modul dengan pendekatan deep learning memuat aktivitas seperti diskusi kelompok, presentasi, proyek kreatif, peer tutoring.
Perangkat ajar harus mencakup indikator keberhasilan, instrumen asesmen (obyektif, esai, proyek), serta ruang bagi siswa untuk merefleksikan proses belajar mereka. Modul menyebutkan “Asesmen dan Refleksi” sebagai bagian yang penting dalam evaluasi dan pengembangan modul.
Berikut tips yang bisa membantu guru agar perangkat ajar ini benar-benar optimal:
Mari kita lihat beberapa tema yang sering muncul dalam modul PAI & BP kelas 9 fase D dan ide aktivitas yang bisa dikembangkan:
Walaupun perangkat ajar ini sangat potensial, guru bisa menghadapi beberapa tantangan. Berikut beberapa dan solusinya:
Di situs ini (mengajarmerdeka.id) Anda mungkin juga menemukan artikel tentang perangkat ajar untuk kelas 7, 8, proyek P5, ataupun perangkat ajar mapel lain seperti IPS, IPA, Matematika.
Pastikan untuk menautkan internal link ke artikel-lain semacam “Perangkat Ajar Proyek P5 Kelas 9” atau “Modul Ajar PAI & BP Kelas 8” agar pembaca mudah menjelajah dan mesin pencari mengenali struktur situs-Anda sebagai jaringan informasi yang saling terkait.
Perangkat ajar deep learning untuk PAI & BP kelas 9 dalam Kurikulum Merdeka adalah alat yang sangat strategis untuk menciptakan pembelajaran bermakna, aktif, dan kontekstual.
Dengan menyusun identitas modul, dimensi profil lulusan, ATP, modul ajar, dan asesmen secara matang serta menerapkan pendekatan mindful-meaningful-joyful guru akan lebih mudah mengajak siswa terlibat, mengalami, dan menghidupkan nilai-nilai agama dan budi pekerti dalam kehidupan nyata.
Selamat menyusun, semoga perangkat ajar Anda menjadi jembatan menuju pembelajaran yang transformatif bagi siswa kelas 9!
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com