TP, ATP, dan Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kurikulum Merdeka Madrasah

mengajarmerdeka.idTP, ATP, dan Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kurikulum Merdeka untuk Madrasah Ibtidaiyah disusun oleh Kementerian Agama RI. Panduan ini memuat capaian pembelajaran, tujuan, dan strategi mengajar tajwid, surah pendek, serta hadis agar siswa memahami dan mengamalkan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan.

Judul: TP, ATP, dan Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kurikulum Merdeka pada Madrasah
Penyusun: H. Mutadi, M.Ed., Ahmad Sahar, M.Pd.I, Subkhiatin Noor, S.Ag., M.Pd.I
Penerbit: Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI
Tahun Terbit: 2022
Jumlah Halaman: ±180 halaman

1. Latar Belakang

Dokumen ini merupakan panduan teknis penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Tujuannya untuk membantu guru madrasah dalam merancang pembelajaran yang lebih kontekstual, fleksibel, dan berorientasi pada capaian pembelajaran yang utuh mengintegrasikan aspek ilmu tajwid, pemahaman Al-Qur’an, dan pengamalan hadis dalam kehidupan sehari-hari.

2. Struktur Isi Dokumen

Panduan ini dibagi berdasarkan fase dan kelas, yaitu Fase A (kelas 1–2), Fase B (kelas 3–4), dan Fase C (kelas 5–6).

Fase A (Kelas 1–2 MI)

Fokus Pembelajaran:

  • Ilmu Tajwid: mengenal huruf hijaiyah, tanda baca, bacaan Ghunnah, Al-Qamariyah, dan Al-Syamsiyah.
  • Al-Qur’an: melafalkan, menghafalkan, dan memahami arti surah pendek seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, An-Nas, dan Al-Falaq.
  • Hadis: mengenal hadis tentang kebersihan, keutamaan belajar, dan hormat kepada orang tua.

Tujuan Utama:
Menumbuhkan kemampuan dasar membaca dan memahami Al-Qur’an dengan benar serta membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai hadis.

Fase B (Kelas 3–4 MI)

Fokus Pembelajaran:

  • Tajwid: mengenal dan menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Mad Thabi’i, Idhhar, Ikhfa’, Idgham, dan Iqlab.
  • Al-Qur’an: memahami arti dan kandungan surah pendek seperti Al-Asr, Al-Kafirun, Al-Fiil, dan At-Takatsur.
  • Hadis: menghafal dan memahami hadis tentang salat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat, dan silaturahmi.

Tujuan Utama:
Membentuk kebiasaan membaca Al-Qur’an secara fasih dan berakhlak sesuai tuntunan Rasulullah SAW.


Fase C (Kelas 5–6 MI)

Fokus Pembelajaran:

  • Tajwid: menerapkan hukum bacaan mim mati/sukun, waqaf–washal, tafhim, tarqiq, dan jawazul wajhain.
  • Al-Qur’an: menganalisis arti dan isi surah seperti At-Tiin, Al-‘Adiyat, Al-Bayyinah, Al-Qadr, dan Al-Insyirah.
  • Hadis: memahami hadis tentang ciri orang munafik, menyayangi anak yatim, keutamaan memberi, dan amal saleh.

Tujuan Utama:
Peserta didik mampu memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup berakhlak mulia dan berjiwa sosial.

3. Ciri dan Keunggulan Dokumen

  • Mengintegrasikan CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) sesuai struktur Kurikulum Merdeka.
  • Dilengkapi contoh alokasi waktu, kompetensi inti, dan ruang lingkup materi tiap fase.
  • Menjadi acuan bagi guru madrasah dalam menyusun modul ajar kontekstual berbasis nilai-nilai Qur’ani.
  • Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin.

4. Sasaran Pengguna

  • Guru MI pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
  • Kepala madrasah dan pengawas madrasah.
  • Mahasiswa pendidikan Islam yang mempelajari kurikulum madrasah.

Dokumen ini tidak hanya berfungsi sebagai pedoman teknis, tetapi juga inspirasi bagi guru untuk menyusun pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang menyenangkan, aplikatif, dan membentuk karakter beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

Mungkin Anda juga menyukai

MengajarMerdeka.id adalah platform informasi dan referensi bagi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Dapatkan modul pembelajaran, panduan, dan sumber daya pendidikan lengkap untuk meningkatkan efektivitas pengajaran di kelas.