
mengajarmerdeka.id – Bayangkan sebuah kelas di mana siswa tidak hanya menghafal rumus atau definisi, tetapi benar-benar memahami konsep, berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah dunia nyata. Itulah semangat utama Kurikulum Merdeka yang kini mulai diterapkan secara nasional di jenjang SMP/MTs.
Dalam implementasinya, guru memerlukan perangkat ajar yang relevan dan adaptif bukan sekadar dokumen formal, tetapi alat bantu pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas dan pembelajaran mendalam (deep learning).
Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang perangkat ajar kelas 8 SMP/MTs semua mata pelajaran Kurikulum Merdeka berbasis Deep Learning, mulai dari konsep, contoh struktur, hingga strategi penerapannya.
Untuk mendapatkan Perangkat Ajar Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Deep Learning berdasarkan mata pelajaran, silahkan unduh melalui tautan yang kami lampirkan di bawah ini:
Perangkat ajar merupakan kumpulan dokumen yang disiapkan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam Kurikulum Merdeka, perangkat ajar meliputi:
Tujuan utamanya adalah memberikan keleluasaan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Perangkat ini juga menekankan student agency di mana siswa memiliki kendali terhadap cara mereka belajar, sesuai kemampuan, minat, dan konteks kehidupannya.
Istilah Deep Learning dalam konteks pendidikan berbeda dengan teknologi kecerdasan buatan. Deep Learning di sini berarti pembelajaran mendalam proses di mana siswa tidak hanya memahami permukaan materi, tetapi menggali makna, mengaitkan pengetahuan, dan menerapkannya dalam kehidupan nyata.
Menurut Marton & Säljö (1976), ada dua tipe pendekatan belajar: surface learning (belajar permukaan) dan deep learning (belajar mendalam). Dalam pendekatan Kurikulum Merdeka, deep learning diterapkan agar siswa:
Perangkat ajar untuk kelas 8 biasanya disusun per tema, topik, atau bab sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Berikut gambaran strukturnya:
Berisi nama mata pelajaran, fase (D), kelas 8, semester, dan jumlah pertemuan.
Menjelaskan target kompetensi yang ingin dicapai siswa sesuai dengan dokumen CP dari Kemendikbudristek.
Dirinci menjadi poin-poin konkret, menggunakan kata kerja operasional (Kata KKO) berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi.
Menghubungkan elemen CP dengan konten atau topik yang diajarkan.
Berupa asesmen formatif (proses) dan sumatif (hasil), dengan rubrik penilaian yang jelas dan berbasis kinerja (performance-based assessment).
Mengintegrasikan sumber digital seperti video, infografis, atau learning apps dari platform seperti Merdeka Mengajar dan mengajarmerdeka.id.
Berikut ringkasan contoh penerapan perangkat ajar berbasis Deep Learning di berbagai mata pelajaran:
Topik: Teks Eksposisi
Topik: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Topik: Sistem Pernapasan Manusia
Topik: Interaksi Sosial dan Perubahan Budaya
Topik: Gotong Royong dalam Kehidupan
Topik: Algoritma dan Logika
Salah satu kekuatan Kurikulum Merdeka adalah fleksibilitasnya terhadap teknologi. Guru dapat memanfaatkan berbagai platform seperti:
Integrasi digital ini mendorong siswa untuk belajar secara aktif, mandiri, dan kontekstual.
Dengan strategi ini, perangkat ajar bukan hanya dokumen administratif, tetapi menjadi panduan hidup dalam proses belajar mengajar.
Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi guru untuk berinovasi, bereksperimen, dan berkreasi. Melalui perangkat ajar kelas 8 SMP/MTs berbasis Deep Learning, guru bisa membawa pembelajaran ke level yang lebih bermakna.
Sebagaimana tujuan pendidikan nasional, siswa tidak hanya diharapkan cerdas secara akademis, tetapi juga berkarakter, berpikir kritis, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Jika Anda ingin mengunduh contoh perangkat ajar, kunjungi portal mengajarmerdeka.id yang menyediakan berbagai referensi modul ajar, ATP, dan asesmen sesuai CP terbaru.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com