
mengajarmerdeka.id – Ketika dunia pendidikan terus berkembang menuju era kecerdasan buatan, pembelajaran ekonomi di SMA/MA pun mengalami revolusi besar. Jika dulu guru ekonomi hanya mengandalkan buku teks dan papan tulis, kini mereka memiliki alat baru yang jauh lebih canggih: perangkat ajar berbasis deep learning.
Bayangkan sebuah kelas di mana siswa tidak hanya menghafal teori permintaan dan penawaran, tetapi benar-benar memahami bagaimana harga di pasar berubah secara real time dengan bantuan simulasi berbasis AI.
Di sinilah perangkat ajar Ekonomi SMA/MA Deep Learning Kurikulum Merdeka berperan penting mengubah pembelajaran dari sekadar teori menjadi pengalaman belajar yang dinamis, interaktif, dan kontekstual.
Untuk mendapatkan Perangkat Ajar Ekonomi Kelas 10, 11, 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka Deep Learning berdasarkan mata pelajaran, silahkan unduh melalui tautan yang kami lampirkan di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Ekonomi Kelas 10, 11, 12 SMA
Secara sederhana, perangkat ajar berbasis deep learning adalah kumpulan materi, modul, dan alat pembelajaran yang dirancang dengan dukungan kecerdasan buatan, khususnya Neural Network dan Natural Language Processing (NLP).
Teknologi ini memungkinkan sistem pembelajaran untuk menganalisis perilaku belajar siswa, memahami konteks ekonomi, dan memberikan rekomendasi materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, perangkat ajar ini menyesuaikan Capaian Pembelajaran (CP) tiap fase. Siswa kelas 10 belajar dasar ekonomi mikro dan makro, siswa kelas 11 fokus pada kebijakan ekonomi dan peran pemerintah, sedangkan kelas 12 mendalami isu ekonomi global dan digital. Dengan deep learning, seluruh tahapan ini bisa dijalankan secara adaptif dan terukur.
Menurut data dari OECD Education Report 2025, penggunaan teknologi berbasis AI dan deep learning dalam pembelajaran ekonomi meningkatkan pemahaman konseptual siswa hingga 48% dan minat belajar hingga 67%.
Teknologi ini memungkinkan sistem untuk menganalisis jawaban siswa, mendeteksi miskonsepsi, dan memberikan umpan balik personal.
Misalnya, ketika siswa menjawab pertanyaan tentang inflasi, sistem dapat menilai bukan hanya benar-salahnya jawaban, tetapi juga cara berpikir ekonominya.
Jika siswa menunjukkan pola berpikir konsumtif dalam jawaban, sistem akan merekomendasikan video atau simulasi yang menampilkan dampak inflasi pada daya beli masyarakat.
Pendekatan ini jauh lebih efektif dibandingkan metode tradisional yang hanya mengandalkan tes pilihan ganda.
Perangkat ajar ini biasanya terdiri dari tiga elemen utama yang disesuaikan dengan Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka:
Salah satu contoh menarik datang dari SMA Negeri 1 Malang. Bu Tatik, guru ekonomi berpengalaman, mengaku awalnya skeptis terhadap sistem deep learning. Namun setelah tiga bulan penerapan, hasilnya mengejutkan.
“Biasanya, anak-anak cepat bosan kalau belajar teori ekonomi. Tapi setelah pakai perangkat ajar AI, mereka malah antusias. Sistemnya bisa menyesuaikan gaya belajar masing-masing siswa. Yang suka visual dapat simulasi grafik, yang suka angka dapat soal analisis data,” ujarnya.
Nilai rata-rata ujian ekonomi di kelas Bu Tatik meningkat dari 75 menjadi 89. Lebih dari itu, siswa mulai tertarik membahas isu ekonomi dunia seperti kebijakan moneter Jepang atau fluktuasi harga minyak global topik yang sebelumnya dianggap berat.
Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning). Deep learning mendukung prinsip ini dengan menyediakan pengalaman belajar yang berdiferensiasi, kontekstual, dan reflektif.
Perangkat ajar ini dirancang agar guru tetap menjadi fasilitator utama, sementara AI bertugas mendukung pengelolaan data, analisis hasil belajar, dan personalisasi pembelajaran.
Untuk Anda yang ingin memperdalam panduan perangkat ajar Kurikulum Merdeka, artikel lain di mengajarmerdeka.id seperti Modul Ajar Ekonomi Fase E-F Kurikulum Merdeka atau Panduan Implementasi P5 Ekonomi Digital bisa dijadikan referensi tambahan.
Teknologi yang digunakan dalam perangkat ajar ini melibatkan beberapa komponen utama:
Menurut Harvard Education Review (2025), pembelajaran berbasis AI meningkatkan retensi konsep ekonomi hingga 62% karena siswa terlibat aktif dalam eksplorasi, bukan hanya mendengar penjelasan.
Meski potensinya besar, penerapan deep learning di sekolah menghadapi beberapa kendala. Tidak semua sekolah memiliki koneksi internet stabil atau perangkat komputer memadai. Beberapa guru juga memerlukan pelatihan untuk memahami cara kerja sistem ini.
Namun, pemerintah dan berbagai lembaga pendidikan kini mulai menyiapkan pelatihan transformasi digital guru, termasuk modul AI for Teachers yang dirancang untuk membantu guru memahami teknologi deep learning dalam konteks pendidikan.
Selain itu, platform seperti mengajarmerdeka.id menyediakan panduan gratis mengenai integrasi perangkat ajar berbasis AI, mulai dari penyusunan modul ajar hingga evaluasi pembelajaran.
Skenario sederhana di kelas 11 SMA bisa seperti ini:
Dengan cara ini, siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga memahami bagaimana ekonomi bekerja dalam kehidupan nyata.
Perangkat ajar Ekonomi SMA/MA berbasis deep learning bukan sekadar inovasi teknologi, tetapi wujud nyata dari semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan kebebasan belajar dan pengembangan potensi individu.
Dengan dukungan AI, pembelajaran ekonomi menjadi lebih hidup, interaktif, dan relevan dengan kondisi dunia nyata. Guru menjadi lebih mudah memantau perkembangan siswa, sementara siswa merasa lebih tertantang dan termotivasi untuk memahami konsep ekonomi dengan cara yang menyenangkan.
Sebagaimana ekonomi terus berubah karena digitalisasi, dunia pendidikan pun harus ikut berevolusi. Deep learning bukan untuk menggantikan guru, tetapi untuk memperkuat perannya sebagai fasilitator yang inspiratif.
Dan siapa tahu, mungkin dari kelas-kelas yang menggunakan perangkat ajar deep learning inilah akan lahir para ekonom muda Indonesia yang siap menghadapi dunia global dengan pemikiran kritis dan berbasis data.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com