mengajarmerdeka.id – Perangkat ajar Deep Learning Seni Tari Kelas 5 SD/MI dirancang untuk membantu guru mengembangkan pembelajaran yang lebih adaptif, kreatif, dan relevan dengan perkembangan teknologi.
Pembelajaran seni tari pada jenjang sekolah dasar perlu memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengenal ragam gerakan, memahami makna budaya, serta mengembangkan ekspresi melalui aktivitas terstruktur.
Integrasi pendekatan Deep Learning memungkinkan siswa melakukan analisis sederhana terhadap pola gerak, irama, dan bentuk tari melalui media digital yang aman dan mudah dipahami.
Untuk mendapatkan contoh Perangkat Ajar Deep Learning Seni Tari untuk Kelas 5 SD/MI, silahkan ikuti tautan yang kami sediakan di bawah ini:
Dapatkan juga: Modul Ajar Deep Learning Seni Tari Kelas 5 SD/MI
Tujuan utama perangkat ajar ini adalah membantu siswa mengenali teknik dasar tari, memahami unsur gerak, serta mampu mempraktikkan pola lantai sederhana.
Melalui bantuan video pembelajaran, simulasi gerakan, dan contoh tari daerah, siswa dapat belajar secara bertahap dengan pendampingan guru.
Pendekatan Deep Learning juga dapat digunakan untuk mengamati gerakan secara berulang sehingga siswa mampu membandingkan, meniru, serta memperbaiki kualitas gerak mereka.
Struktur materi dalam perangkat ajar meliputi pengenalan unsur tari, latihan gerak dasar, eksplorasi pola lantai, serta pengamatan tari tradisional Indonesia.
Guru dapat mengembangkan lembar aktivitas yang mendorong siswa mengamati perbedaan tempo, ritme, dan dinamika.
Melalui asesmen formatif berbasis performa, guru memperoleh gambaran kemampuan siswa secara objektif dan memberi umpan balik yang konstruktif.
Pemanfaatan teknologi berbasis Deep Learning pada tingkat sekolah dasar tidak dimaksudkan untuk menggantikan aktivitas fisik, tetapi sebagai alat bantu visual yang memperjelas contoh gerakan. Siswa tetap melakukan latihan secara langsung, sementara teknologi membantu menyediakan referensi gerak yang konsisten.
Dengan perangkat ajar yang terencana, pembelajaran Seni Tari di Kelas 5 SD/MI dapat berlangsung lebih menarik, interaktif, dan berfokus pada penguatan karakter, apresiasi budaya, serta kemampuan bekerja sama melalui aktivitas gerak. Pendekatan ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan seni sesuai tuntutan Kurikulum Nasional.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com