
mengajarmerdeka.id – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum Merdeka tidak lagi kaku seperti sebelumnya.
RPP kini berfokus pada tujuan pembelajaran yang fleksibel, mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan memadukan asesmen untuk mengukur capaian kompetensi siswa. Guru harus memahami cara menyusunnya agar proses belajar berjalan efektif.
Bahasan Modul 2 ini merupakan bagian dari Pelatihan Online Guru Terbaik untuk Penerapan Kurikulum Merdeka yang akan memandu anda.
ATP adalah alur berjenjang dari capaian pembelajaran yang dirancang untuk membantu guru merencanakan pembelajaran secara sistematis.
ATP tidak lagi hanya daftar materi, tetapi mengarahkan guru menyusun aktivitas yang relevan dengan kompetensi.
Asesmen tidak hanya dilakukan di akhir, tetapi juga selama proses belajar.
Apa media terbaik untuk asesmen Kurikulum Merdeka?
Media digital, proyek siswa, portofolio, dan observasi langsung.
Apakah RPP Kurikulum Merdeka harus 1 lembar?
Tidak wajib, tetapi disarankan ringkas dan efisien.
Apa bedanya RPP Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013?
RPP Merdeka lebih sederhana, fleksibel, dan fokus pada kompetensi esensial.
Bagaimana cara membuat asesmen yang sesuai ATP?
Pastikan asesmen mengukur setiap tujuan pembelajaran secara relevan.
Apakah guru bisa memodifikasi ATP?
Ya, ATP dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah dan siswa.
Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com