
mengajarmerdeka.id – Pagi itu, Bu Rani membawa selendang warna-warni ke kelas 1. Anak-anak langsung berebut memegangnya. “Hari ini kita akan belajar menari seperti kupu-kupu,” ucap Bu Rani sambil tersenyum.
Pelajaran itu bukan hanya tentang gerak, tetapi juga tentang rasa. Anak-anak diajak memahami cerita di balik tarian, merasakan irama musik, dan mengekspresikan diri melalui gerakan. Inilah esensi dari modul ajar deep learning Seni Tari: menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman emosional.
Deep learning dalam seni tari adalah pembelajaran mendalam yang mendorong siswa memahami makna tarian, menguasai tekniknya, dan menghayati pesan yang disampaikan. Pendekatan ini melibatkan:
Penelitian oleh Deans (2013) menunjukkan bahwa pembelajaran seni berbasis pengalaman dapat meningkatkan kepercayaan diri, koordinasi motorik, dan kreativitas anak secara signifikan.
Siswa mampu menirukan gerakan dasar tari sederhana sesuai irama dan mengekspresikan tema tarian dengan gerak.
Bu Rani memulai dengan cerita tentang seekor kupu-kupu yang terbang mencari bunga. Ia meminta siswa membayangkan warna sayapnya, kemudian memperagakan gerakan membuka sayap. Musik pelan diputar, dan siswa mengikuti gerakan dengan selendang.
Saat latihan, anak-anak saling tertawa saat mencoba mengangkat tangan setinggi mungkin sambil berjalan perlahan. Di akhir sesi, mereka tampil berkelompok, menceritakan kembali perjalanan kupu-kupu lewat tarian.
1. Kontekstualisasi
Guru mengaitkan tarian dengan cerita atau pengalaman yang dekat dengan siswa, seperti alam atau hewan.
2. Refleksi
Setelah menari, siswa diajak berbagi perasaan: senang, lelah, atau bersemangat.
3. Kolaborasi
Tugas berkelompok seperti menari berpasangan mendorong kerja sama.
4. Aksi Nyata
Mengajak siswa tampil di acara sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Menurut riset oleh Koutsouba (2010), pembelajaran tari dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik dan empati sosial anak. Aktivitas fisik yang terstruktur juga berkontribusi pada kesehatan jantung dan perkembangan otot.
Kegiatan | Tujuan | Media |
---|---|---|
Cerita kupu-kupu | Mengembangkan imajinasi | Gambar kupu-kupu |
Latihan gerakan tangan | Menguasai teknik dasar | Selendang |
Latihan irama musik | Menyesuaikan gerakan dan musik | Musik tradisional |
Menari berkelompok | Meningkatkan kerja sama | Ruang kelas |
Untuk mempermudah pekerjaan anda, di sini kami lampirkan contoh Modul ajar Deep Learning Seni Tari kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka. Untuk mendapatkan atau mengunduhnya, silahkan ikuti tautan yang tersedia di bawah ini:
Modul Ajar Deep Learning Seni Tari untuk kelas 1 SD/MI bukan hanya mengajarkan gerakan, tetapi juga membentuk rasa percaya diri, kreativitas, dan pemahaman budaya.
Dengan menggabungkan cerita, musik, dan latihan kolaboratif, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan membekas di hati siswa.