
mengajarmerdeka.id – Bayangkan Bu Sinta, guru kelas 6 SD di sebuah sekolah pinggiran. Setiap awal semester, ia dihadapkan dengan tumpukan dokumen kurikulum dan kebutuhan menyusun pembelajaran yang efektif. Untungnya, Kurikulum Merdeka menghadirkan ATP yang membuat perencanaan lebih sederhana, fleksibel, dan kontekstual.
ATP bukan hanya dokumen, tetapi peta jalan belajar yang membantu guru mengantar siswa mencapai Capaian Pembelajaran (CP) dengan cara yang lebih kreatif.
ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) adalah susunan logis tujuan belajar yang dirancang bertahap dari awal hingga akhir fase. Di Kelas 6 SD/MI, ATP menjadi pedoman guru dalam menyusun modul ajar agar siswa mencapai CP secara optimal.
Karakteristik ATP yang Baik:
CP: Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung campuran.
TP: Siswa mampu menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan operasi campuran.
Kegiatan: Diskusi, latihan soal, proyek menghitung bahan resep.
Asesmen: Kuis online, proyek mini, observasi.
Berikut file contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 6 SD/MI fase A kurikulum merdeka, silahkan unduh melalui link yang kami sediakan di bawah ini:
Bu Sinta menggunakan project-based learning untuk materi pecahan. Siswa diminta menghitung bahan untuk membuat kue tradisional. Mereka belajar matematika sambil memahami budaya lokal. Hasilnya? Nilai meningkat, dan siswa lebih antusias.
Lengkapi pengalaman anda dengan membaca artikel terkait di bawah ini:
ATP Kelas 6 SD/MI dalam Kurikulum Merdeka membantu guru menyusun pembelajaran yang terarah, fleksibel, dan sesuai kebutuhan siswa.
Dengan penerapan yang kreatif, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bermakna.
Siap memulai? Lihat contoh ATP lengkap lainnya di mengajarmerdeka.id dan tingkatkan kualitas pembelajaran Anda.