
mengajarmerdeka.id – Bayangkan kelas dua SD yang penuh semangat. Ada siswa yang cepat memahami materi, ada pula yang butuh waktu lebih lama. Di sinilah ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka menjadi peta jalan agar semua siswa bisa mencapai kompetensi yang sama meski dengan kecepatan berbeda.
Dengan ATP, guru tidak lagi terpaku pada metode lama, melainkan bisa merancang pembelajaran kreatif, kontekstual, dan fleksibel.
ATP adalah panduan berjenjang yang merinci tujuan pembelajaran dari awal hingga akhir fase. Pada kelas 2 SD, ATP membantu guru merencanakan pembelajaran sesuai capaian yang diharapkan, sambil memperhatikan Profil Pelajar Pancasila.
Menurut Kemendikbud, ATP tidak hanya berisi target, tetapi juga memberikan kebebasan bagi guru untuk memilih cara terbaik mencapai target tersebut.
Infografik di atas memvisualisasikan fase pembelajaran dari kelas 1–2 sebagai bagian dari Fase A, di mana fokus utamanya adalah literasi, numerasi, dan penguatan karakter.
Bu Rani, guru kelas 2 di sebuah SD negeri, awalnya kebingungan dengan Kurikulum Merdeka. Namun setelah mempelajari ATP, ia merasa memiliki “GPS” dalam mengajar.
Guru dapat menggunakan modul ajar dari platform Merdeka Mengajar lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa.
Setiap siswa berbeda. Guru perlu menyiapkan variasi aktivitas agar semua bisa belajar sesuai ritmenya.
Dengan asesmen berkala, guru bisa mengetahui apakah strategi sudah efektif atau perlu disesuaikan.
Video pembelajaran, permainan edukasi, dan aplikasi literasi numerasi dapat memperkaya pengalaman belajar.
Berikut file contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kelas 2 SD/MI fase A kurikulum merdeka, silahkan unduh melalui link yang kami sediakan di bawah ini:
Pelajari juga:
1. Apa fungsi utama ATP di kelas 2 SD?
Sebagai panduan guru menyusun pembelajaran yang berkesinambungan dan sesuai capaian kurikulum.
2. Apakah ATP wajib digunakan semua guru?
Ya, karena ATP adalah dokumen resmi yang menjadi dasar penyusunan modul ajar.
3. Bagaimana cara memodifikasi ATP?
Guru bisa menyesuaikan aktivitas dan asesmen sesuai kebutuhan siswa, tanpa mengubah capaian inti.
4. Apakah ATP berbeda di setiap sekolah?
Dasarnya sama, tetapi implementasinya bisa berbeda tergantung konteks sekolah.
5. Bagaimana menghubungkan ATP dengan Profil Pelajar Pancasila?
Setiap tujuan dalam ATP harus mengarah pada penguatan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
ATP Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka adalah panduan yang membantu guru merancang pembelajaran yang fleksibel, kreatif, dan berpusat pada siswa. Dengan pemahaman yang baik, guru dapat menciptakan kelas yang menyenangkan sekaligus efektif.
Untuk panduan lengkap lainnya, kunjungi mengajarmerdeka.id.